Jumat, 18 Oktober 2013

TUGAS 2 Bahasa Indonesia


Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :

    a.  Topik yang menarik

    b.  Mudah dipahami oleh pembaca
    Coba Anda jelaskan kedua aspek ini


Jawab : 

Kualitas Karya Tulis ditentukan oleh Beberapa Aspek, yaitu Topik yang Menarik dan Mudah dipahami oleh Pembaca

a)  Pengertian topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel. Topik harus mampu mencakup keseluruhan isi tulisan.
 
dimana Topik yang menarik = Topik harus menarik, artinya mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca, pembahasannya tidak terlalu luas juga tidak terlalu sempit untuk dikembangkan. Topik yang menarik dan unik pastinya tentu akan menarik orang untuk membaca. Topik yang menarik merupakan aspek yang penting dalam menulis karya ilmiah. Dan topik yang menarik dapat menunjukkan kualitas dalam karya ilmiah. Oleh karena itu ketika kita hendak menulis suatu Karya ilmiah, hendaknya kita memikirkan topik yang menarik dan membuat orang tertarik dengan topik yang kita buat.

b) Dimana Mudah dipahami oleh pembaca yaitu Pada dasarnya tidak semua orang mampu memahami kata demi kata yang tercantum dalam suatu tulisan apalagi kalau tulisan yang ditulis menggunakan bahasa yang asing di dengar oleh pembaca ataupun menggunakan bahasa yang baku sehingga pembacapun malas untuk membacanya, maka dari itu hendaknya suatu tulisan gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga akan menambah nilai plus bagi si penulis dan pembacapun merasa senang dan mengerti apa maksud dari hasil karya tulisan yang telah dibacanya. Dan juga gunakan bahasa yang padat dan jelas sehingga mudah dimengerti dan dipahami oeh pembacanya jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele.

Refisi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar